Web dan Perilaku Pengguna / IMK
APA itu IMK?
IMK atau Interaksi Manusia
Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) adalah disiplin ilmu pengetahuan
yang mengulas tentang perancangan, evaluasi dan implementasi dari sistem
komputer interaktif terkait dengan penggunaannya oleh manusia beserta hal-hal
yang terkait dengan itu. IMK juga ialah interaksi, khususnya interaksi antara
satu atau lebih manusia (sebagai pengguna komputer) dengan satu atau lebih mesin
komputasi (komputer).
Tujuan utama dari IMK adalah
menghasilkan sistem komputer yang mampu digunakan dengan baik oleh pengguna
(good usability) melalui desain antarmuka yang sesuai dengan tujuan serta
mencapi interaksi yang aman, efektif dan efisien. Selain desain antarmuka,
karakteristik manusia tentu saja sangat mempengaruhi IMK.
Ada 2 perilaku, kita sebagai User
yang ingin membuat suatu web atau situs jual beli barang. Kita harus dapat
memberikan kemudahan bagi para User lain saat bertatap muka langsung dengan
komputer, yang bertujuan untuk mencari Informasi meliputi barang maupun jasa
yang ingin kita tawarkan menggunakan via Web Online. Yaitu Perilaku Navigasi
dan Perilaku Pencarian.
A. Perilaku Navigasi
Pada suatu situs (jual beli
khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi
para pembuat situs website online. Para pembuat situs website tersebut harus
bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan
melihatnya. Ada dua tipe navigasi.
Yang pertama adalah Navigasi
Standar, yang memberikan overview sederhana dan peta penjelajahan situs yang
tidak terlalu detail. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian
atas, samping atau footer.
Yang kedua adalah Navigasi
versi Advance. Jenis ini sama dengan versi sebelumnya , yaitu memberikan
informasi menggunakan tools untuk menelusuri situs. Namun dengan cara lebih
spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain
lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah
diberi antar muka yang lebih spesifik. Calon pembeli bisa melakukan penelusuran
bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan
Marketing”, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu
sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan “reviewed by S.P.D”. Calon pembeli
pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.
Gambar 1 (Versi Standard):
Gambar 2 (Versi Advance):
B. Perilaku Pencarian
Fitur pencarian internal tentunya
telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda
akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah
pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan
situs. Semakin mudah pengunjung dalam mencari suatu barang yang di inginkan
dalam sebuah website, maka akan semakin banyak pula pengunjung yang akan
datang.
Saya akan mengambil sample
website terkenal, website ini berfokus pada jasa jual beli barang. Yaitu
Tokobagus.com yang sekarang berganti nama menjadi Olx.co.id.
Gambar 1:
Gambar diatas adalah situs
jual beli online yang sangat digandrungi bagi konsumen online. pada gambar 1.
Dilihat navigasi bagian header(atas) terdapat kata pencarian (disini biasa
pengunjung ingin mencari suatu barang yang ingin dia beli), lalu ada semua provinsi
(pada tombol menu ini bisa kita mencari suatu produk yang diposting oleh
penjual diberbagai daerah di indonesia), semua categori (berisikan categori
produk apa saja yang ingin dicari oleh pengunjung), dibagian paling atasnya
terdapat log in, daftar dan pasang iklan (untuk bagi para pengunjung yang akan
menjadi member situs tersebut dan ingin memasangkan suatu iklannya).
Dan tentunya dibagian footer suatu situs jual beli online terdapat tentang situs tersebut , contact us , FAQ , privacy policy, bantuan, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang. kesaamaan dari kedua gambar situs jual beli online terdapat gambar indonesia yang menjadikan situs jual beli tersebut hanya mengiklankan produk dalam negeri.
Web dan Perilaku sosial
A. Web merefleksikan perilaku sosial
Merefleksikan itu
cerminan/gambaran kata/ucapan seseorang yang biasanya langsung dari hati. Web
pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat
pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat
menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan
mempengaruhi sikap sosial seseorang, contohnya seseorang yang sering mengakses
situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh
harga yang lebih murah daripada counter ataupun discount - discount yang
ada.
B. Web mempengaruhi perilaku
sosial
Web sebagai salah satu bentuk
teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu
pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada dua dampak yang
dimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif.
Dampak positifnya adalah :
1. Lebih cepat dan mudah dalam
meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
2. Dapat berkomunikasi dengan
baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi
dengan mudah
3. Mudah mencari informasi serta
berbelanja online pun dapat dilakukan
Dampak negatif :
1. Munculnya banyak penipu yang
memanfaatkan internet
2. Adanya plagiatisme
3. Munculnya pencurian/hack
4. Bahaya kesehatan akibat
radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri
Sumber :
http://tukang-buat-blog.blogspot.com/2013/03/kebijakan-konten-dan-perilaku-pengguna.html
http://aisyahasmoro.blogspot.com/2013/06/web-dan-perilaku-pengguna-imk-web-dan.html http://www.membuat.info/2012/12/kelebihan-dan-kekurangan-jual-beli.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar